About the Post

Author Information

I do honestly believe that people enter our lives for a reason. That everyone who we meet, who forms an impression has something to teach us. Everything that happens to us is an experience, and because of that it can never be bad. an experience can only be good because it all serves to shape the person that we are, the person that we become. -= the love whisperer =-

Turut Berdukacita

Guncangan hati dan kekuatan pikiran yang terus menerus mengalir, memberitahu, dan secara halus meng-iyakan niatku untuk menulis. Perasaan ini kembali datang dan kali ini aku tidak ingin mengabaikannya.

Setelah mengikuti beberapa berita tentang kepergian sahabat sebangsa kita, David Widjaja. Yang sampai saat ini belum ada kepastian tentang bagaimana seorang anak bangsa yang begitu cerdas meniggalkan kita. Menelusuri sepanjang yang aku tahu melalui berita-berita yang beredar, masih tidak cukup untuk mengetahui sudut yang tersembunyi. Aku salut melihat begitu banyak orang yang mendukung dan memperjuangan kebenaran buat david. Aku salut, walaupun aku tidak mengenal siapa david sebelumnya.

Bukan saatnya lagi untuk menyalahkan siapapun, bukan saatnya lagi untuk menuduh, menyudutkan, memojokkan, merendahkan, yang pada akhirnya tetap tidak memiliki jalan keluar dengan fakta yang kita inginkan bersama. Aku tidak tahu bagaimana perasaan yang harus diterima disaat kehilangan seorang anak, abang, keponakan dan lainnya, karena tidak pernah sekalipun terlintas diperasaanku untuk mencoba merasakannya. Tetapi aku tahu persis, perasaan yang harus aku hadapi pada saat sahabat meninggalkan kita. Jantung seakan akan berdetak dengan sangat lambat, keheningan dan pikiran yang dipenuhi dengan kata tanya.

Menyadari bahwa hidup begitu singkat, adalah sebuah pelajaran yang paling berharga. Hidup bisa direncanakan, tetapi tidak bisa diprediksi. Hidup adalah sebuah berkah, yang membutuhkan perjuangan. Sudah saatnya kita mendirikan sebuah tugu perjuangan, belajar dari apa yang mengilhami, dan tidak menyalahkan. Sudah saatnya kita mendukung, menyemangati dan mendorong mereka yang sangat dengan David. Tragedi hanya bagian dari kehidupan yang tidak satu orangpun bisa mencegahnya. Kebenaran tetap kebenaran, walaupun kini, tidak ada satu orangpun yang bisa melawan kekuatan yang mungkin~ berasaskan politik, yang akhirnya merugikan siapapun.

Aku yakin, kini, saat ini, pada saat almarhum teman kita, mengetahui, melihat, dan mendengar, begitu banyak orang yang berjuang untuk dia, saat ini juga, dia akan sadar bahwa, hidup yang selama ini dia jalanin, tidaklah sia-sia, melihat sahabat dan keluarganya begitu kehilangan. Dia menginspirasi begitu banyak manusia, termasuk aku. Bukan dendam, emosi atau amarah negatif.

Teringat sebuah penyataan seorang guru, yang pernah menasehatiku tentang kehidupan, “Pada saat kita lahir, kita menangis dan mereka tertawa bahagia; pada saat kita mati, kita tertawa, dan buat mereka menangis”. ini adalah pembuktian bahwa, selama kita hidup, selalu memberi pengaruh.

Inilah kenyataan yang harus kita terima, walaupun albert enstein pernah bilang “If the facts don’t fit the theory, change the facts.” Tetap saja, ada pembelajaran yang berharga yang bisa dipetik, pengorbanan yang membutuhkan ketabahan hati dan pikiran positif untuk mengakses setiap serangan. LIFE MUST GO ON, MUSTT…..

TURUT BERDUKACITA

Tulisan ini didedikasikan buat,
Keluarga David Widjaja
Teman, kerabat dan saudara
dan mereka yang mendirikan tugu perjuangan.

Tags:

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: